Penguatan Program Ketahanan Pangan, Kapolres Tegal Kota Kunjungi Kecamatan Margadana

Tegal – Kapolres Tegal Kota Polda Jateng AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K,. M.H. melakukan kunjungan kerja di salah satu kecamatan di wilayah Kota Tegal, hal ini dilakukan untuk monitoring Program Ketahanan pangan di Kecamatan Margadana, Jumat (22/01/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Tegal Kota bersama Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. dan diikuti Kapolsek Sumurpanggang Kompol I Ketut Lanus, S.H., Kasat Binmas AKP Didik Guntoro, S.H., Danramil Margadana Kapt Inf Suroso dan Camat Margadana Bapak Cipto Darsono, S.H.,

Adapun yang menjadi sasaran dalam kegiatan tersebut yaitu 3 (tiga) wilayah prioritas diantaranya area persawahan pertanian bawang dan sayur mayur di wilayah Kelurahan Kalinyamat Kulon, Peternakan itik pengrajin telor asin di Kelurahan Pesurungan Lor dan tambak ikan di wilayah Kelurahan Margadana Kota Tegal Jawa Tengah.

Disela-sela kunjungannya Kapolres Tegal Kota Polda Jawa Tengah AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K,. M.H. menyampaikan bahwa kedatangannya tidak hanya akan melihat saja akan tetapi akan berupaya mencari solusi dan mensinergikan dengan mitranya untuk dapat bekerjasama mengenai kendala yang dihadapi oleh para petani maupun peternak.

Pada acara sesi tanya jawab ketua Gapoktan Kelurahan Kalinyamat Kulon bapak Asmawi menyampaikan bahwa harga bawang saat ini terlalu rendah dan untuk pupuk juga susah dalam mendapatkannya dengan birokrasi yang berbelit-belit serta untuk penerangan di Jalan M. Tohir masih gelap, dia memohon kepada Kapolres mencarikan solusi atas kendala yang di hadapi.

“Saya menyampaikan bahwa untuk saat ini harga bawang terlalu rendah dan untuk pupuk sendiri kami kesulitan untuk mendapatkannya karena melalui proses yang berjenjang,” ucap Asmawi

“Penerangan di Jalan M. Tohir masih gelap, sehingga rawan untuk keamanan hasil panen kami, maka dari itu agar dilakukan penerangan,” imbuhnya

Dalam menanggapi kendala tersebut Kapolres Tegal Kota Polda Jateng AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K,. M.H. mengatakan akan mencoba mencarikan jalan keluarnya berkoordinasi dengan pemerintah yang membidangi masalah pupuk dan untuk penerangan jalan sendiri bisa di koordinasikan kelurahan dengan PLN sedangkan untuk keamanan hasil panen bisa disampaikan langsung ke Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Kami mencoba akan mencarikan jalan keluarnya tentang permasalahan ini, berkoordinasi dengan pemerintah yang membidangi masalah pupuk, saya yakin bahwa pemerintah ingin memudahkan masyarakat,” ujar Kapolres.

“Untuk permasalahan keamanan hasil panen bisa disampaikan langsung ke Bhabinkamtibmas dan Babinsa, karena mereka hadir di tengah masyarakat sebagai problem solving atas permasalahan yang ada,” tambahnya.

Setelah pelaksanaan kunjungan ke para petani bawang, Kapolres Tegal Kota Polda Jateng AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K,. M.H. bersama Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. melanjutkan ke pertanian sayur mayur di wilayah yang sama, kemudian meninjau lokasi peternakan bebek pengrajin telor asin di Kelurahan Pesurungan Lor dan terkhir mengunjungi lokasi tambak ikan di Kelurahan Margadana milik bapak Wahab.

“Dengan kegiatan kunjungan pada hari ini, kami mendapatkan begitu banyak masukan dan permasalahan yang di alami oleh para petani maupun peternak, hasil ini akan kami jadikan draf rumusan permasalahan untuk dicarikan jalan keluarnya, hal ini guna tercapainya Program Ketahanan pangan,” tutup Kapolres.

(Sumber Humas Polres Tegal Kota)

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer