PERINGATAN HKN 2019, PEMKAB KENDAL GELAR BERBAGAI RANGKAIAN KEGIATAN

Polres Kendal Cybernews – Usai melakukan kegiatan Senam Aerobik dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55, Pemerintah Kabupaten Kendal juga mengadakan beberapa rangkaian kegiatan lainnya seperti Lomba Fashion Show Para Medis untuk anak anak TK dan SD, Kampanye Germas oleh Ketua Komisi D DRD Kendal bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, serta Performance Faskes.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kendal, dr. Budi Mulyono pada acara Fashion Show Paramedis anak dan di Kampanye Germas oleh anggota dewan bersama Kepala DKK Kendal di alun-alun Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu sore (16/11/2019).

“Selain itu, juga menghadirkan stand-stand kesehatan, yang mana pada stand tersebut memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kendal, baik memberikan informasi maupun melakukan pemeriksaan terkait kesehatan secara gratis,” tambah Budi Mulyono.

Sementara dalam deklarasi Germas, Ketua Komisi D DPRD Kendal, Mahfud Sodik mengatakan, Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan komitmen pemerintah dalam rangka mensinergikan upaya promotif dan preventif untuk hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Menurut Mahfud, sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 440/2796/SJ, untuk mewujudkan Germas dapat dilaksanakan dengan peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat.

“Sedangkan bentuk pelaksanaan Germas di daerah diantaranya adalah penyediaan lapangan olahraga di desa, olahraga rutin di instansi pemerintah maupun swasta. Penyediaan Ruang terbuka Hijau (RTH) di ruang publik, kebijakan Kantor Terbuka Hijau (KTR), penghijauan, pemanfatan pekarangan untuk tanaman sayur dan buah, gemar makan ikan, kampanye makanan sehat bergizi dan sebagainya, dan kegiatan lain yang dianggap mendukung kesehatan,” ujarnya.

Mahfud juga mengungkapkan, surat edaran Germas Kabupaten Kendal telah dilaksanakan dalam bentuk upaya promotif dan preventif yang meliputi aktivitas fisik minimal 30 (tiga puluh) menit setiap hari dan senam kesegaran jasmani pada hari Jumat, konsumsi buah dan sayur setiap hari dan penemuan di kantor tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, cek kesehatan secara rutin Kebersihan lingkungan, menggunakan jamban sehat, persalinan Bumil di fasilitas kesehatan, serta pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif pada bayi.

Ia menuturkan, Germas hanya akan menjadi slogan jika tidak diterapkan, untuk itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat agar melaksanakan Germas mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu dari diri kita sendiri, keluarga, tempat kerja dan lingkungan tempat tinggal.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

19 + ten =

Site Footer