Polisi Kawal Kirab Budaya Dalam Rangka Sedekah Bumi di Banyumanis

Polres Jepara Cyber News – Kamis (11/07/2019), di rumah kediaman (Petinggen) Desa Banyumanis 01/6 berlangsung kegiatan kirab budaya/ Jembul dalam rangka Sedekah Bumi Desa Banyumanis ke-108 tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Donorojo Iptu Sudi Tjipto bersama Muspika Kec. Donorojo, Petinggi Desa Banyumanis Bpk. Subandrio, SE beserta perangkat, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Banyumanis, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat Desa Banyumanis dari masing Masing Perdukuhan dan pengunjung sekitar 3.000 orang.

Kegiatan tersebut diawali dengan prosesi arak-arakan jembul yang dibagi menjadi 4 wilayah yaitu Gunungan (hasil bumi) dari Dk. Jerukrejo Ds. Banyumanis, Wilayah/Perdukuhan Getaan (Jembul Raja), Wilayah / Perdukuhan Karanganyar (Jembul Ki Loka Jaya) dan Wilayah / Perdukuhan Juwet (Jembul Ki Aji Wekso Bawono).

Dari Masing-masing jembul di iringi kesenian daerah yaitu Tongtek, Reog, Barongsai, dan kirab pakaian adat/ budaya.

Untuk diketahui bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan puncak dalam rangka HUT Desa Banyumanis ke-108 dan sedekah Bumi tahun 2019.

Dalam Prosesi Jembul pada kali ini diamankan oleh 70 petugas kemanan masing-masing dari personil Polsek Donorojo, Koranmil Donorojo, Linmas Banyumanis, seluruh anggota FKPM Banyumanis, angota Banser Ranting Banyumanis serta anggota KOKAM Banyumanis.

 

Leave a reply:

Your email address will not be published.

one + 12 =

Site Footer