Putri Haya, Istri Pemimpin Dubai, Kabur Minta Suaka ke Jerman

Polresta Surakarta Cyber News

TEMPO.CO, Jakarta – Putri Haya, istri pemimpin kota Dubai, Sheik Mohammed bin Rashid al-Maktoum , kabur minta suaka ke Jerman dengan  membawa 2 anaknya bersama uang sebesar 31 juta pound sterling atau setara dengan Rp 555, 8 miliar.

Mengutip laporan The Sun, putri Haya sejak Februari lalu tidak terlihat di Dubai. Begitu juga anak laki-laki, Zayed berusia 7 tahun dan anak perempuannya, Al Jalila berusia 11 tahun.

Suaminya, al-Maktoum menuliskan kata pengkhianat kepada istrinya di akun Instagram.

“Anda bersibuk diri pergi kepada siapa?” tulis al-Maktoum.

Putri Haya dikabarkan setibanya di Berlin, Jerman lalu mengajukan suaka dan menggugat cerai suaminya.

Wanita berusia 45 tahun itu kini dalam perlindungan seorang diplomat aparat keamanan Jerman.

Pelarian putri Haya berpotensi memunculkan krisis diplomatik antar kedua negara. Pasalnya, pangeran al-Maktoum yang juga sebagai wakil presiden dan perdana menteri Uni Emirat Arab meminta Berlin memulangkan istri dan kedua anaknya.

Namun, Jerman dan aparat keamanan negara itu menolak permintaan al-Maktoum dan menyatakan melindungi mereka.

Putri Haya telah menuturkan kepada sejumlah temannya bahwa dia memilih lari ke Jerman karena dia tidak percaya pada otoritas Inggris karena akan mengembalikannya ke Dubai.

Sebelum pelarian putri Haya, seorang putri al-Makhtoum, puti Latifa bin Mohammed Maktoum, 33 tahun, berusaha kabur ke Inggris tahun lalu. Namun pelariannya terhenti karena dia tertangkap di perairan India. Sejak itu putri Latifa menghilang.

Radha Stirling, Kepala eksekutif Detained, LSM pemantau tahanan di Dubai, mengatakan saat seseorang mengajukan suaka politik, jelas itu karena hidup mereka dalam bahaya, dan karena mereka mengalami penderitaan karena hak asasi mereka dilanggar dan mengalami kekerasan.

Belum diketahui pasti alasan putri Haya, adik tiri Raja Abdullah dari Yordania ini kabur dari Dubai dan mengajukan suaka di Jerman.

Polresta Surakarta Cyber News

Site Footer