Stok Daging di Kudus Aman Hingga Lebaran

Polres Kudus Cyber News – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus memastikan ketersediaan daging di pasaran jelang lebaran nanti masih aman dan terpenuhi. Tidak ada gejolak atau perubahan yang bisa mempengaruhi kondisi tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Catur Sulistiyanto menjelaskan, selama Ramadan, kebutuhan daging sapi dan kerbau mencapai 213.998 kilogram. Sedang ketersediaannya mencapai 227.438 kg per hari.

“Untuk daging kambing/domba, kebutuhan pasar berada di nominal 39.562 kilogram. Sedang stoknya 53.337 kilogram,” lanjutnya.

Sedang pada daging ayam, Catur menyebutkan ada permintaan sebesar 918.268 kilogram di pasar. Hanya, stok yang ada berada di angka 975.941 kilogram. Serta telur ayam ras kebutuhannya 433.544 kilogram, dengan stok mencapai 780.637 kilogram.

“Semuanya masih bisa terpenuhi,” terang Catur.

Ketersediaan yang melimpah juga didukung oleh kebijakan dinas terkait dalam memperbolehkan penjualan daging impor di pasar-pasar Kota Kretek. Hanya, pihaknya berharap agar para pedagang tidak menjualnya secara campur. Dalam artian tidak menggabungkan daging lokal dan impor

“Kami minta jangan dicampur,” lanjutnnya.

Inspeksi-inspeksi ke sejumlah pasar untuk pantauan lapangan juga terus digalakkan secara berkala. Pengecekan kesehatan hewan ternak hidup di Pasar Hewan juga dilakukan. Pengambilan sampel daging di sejumlah pasar pun telah dilakukan. Sampel akan di uji pada laboratorium produk pangan asal hewan (PAH) hingga minggu depan.

“Pengambilan sampel di Pasar Bitingan, Pasar Kliwon, Pasar Baru (Kota), dan Pasar Jetak,” katanya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan bisa mencegah daging tak layak konsumsi menyebar di pasaran. Pasalnya, penjual daging kerbau impor hampir merata di sejumlah pasar besar di Kota Kudus.

“Supaya tak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,” tandas Catur.

Sementara, pedagang daging kerbau dan sapi lokal di Pasar Bitingan, Suriah (57) mengatakan, ketersediaan daging selama puasa hingga paska lebaran cukup aman. Bahkan ketersediaan daging kerbau, sapi, kambing dan ayam cukup melimpah, sehingga dari sisi harga kalau pun terjadi kenaikan tidak terlalu besar.

“Kalau harga nanti relatif aman karena stok juga aman,” tandasnya.

Polres Kudus Cyber News

Sumber : MURIANEWS

Leave a reply:

Your email address will not be published.

seven + 3 =

Site Footer