Program Capacity Building Sinergi KAI dan PNM Purwokerto

Polresta Surakarta Cyber News, Dalam rangka melaksanakan Program Capacity Building, PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto bekerjasama dengan PT PNM (Persero) melalui Sinergi BUMN mengadakan acara pelatihan kepada Mitra Binaan Kelompok Petani Lada Desa Kedarpan Kec. Kejobong Kab. Purbalingga bertempat di Café and Resto Kemangi, Pabuwaran, Purwokerto, 26 Maret 2019.

Acara di buka oleh Vice Presiden KAI DAOP 5 Purwokerto Agus Setiyono dan turut hadir Manajer Humas Supriyanto serta Pemimpin Cabang Purwokerto Rahmad Sadono, dalam sambutannya VP menyampaikan bahwa PT kereta api Indonesia, sebagai salah satu perusahaan transportasi dan juga salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mempunyai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar dimana perusahaan ini berada. Wujud dari tanggungjawab sosial kepada masyarakat tersebut, tertuang dalam program Corporate Social Responsibilitie (CSR).

Dengan program CSR PT KAI melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Kegiatan CSR PT KAI diantaranya adalah memberikan bantuan pinjaman modal melalui Program Kemitraan, dan salah satunya dikelola oleh mitra KAI, yaitu PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) yang juga salah satu wujud sinergi BUMN.

Semoga dengan kemitraan ini, bisa mengangkat masyarakat melalui UMKM maupun usaha lainnya. Kegiatan ini di ikuti oleh anggota Kelompok Tani Margo Utomo yang berjumlah 20 orang. Program pelatihan kepada Mitra Binaan Kelompok Petani Lada Margo Utomo diberikan karena manajemen pengelolaan usaha masih bersifat sederhana dan cenderung apa adanya, harapannya dengan peningkatan kompentensi kelembagaan / struktur organisasi akan lebih baik lagi penataannya.

Budidaya tanaman lada yang menjadi andalan produk dari daerah tersebut sangat perlu pelatihan pengemasan produk, label dan branding untuk menunjang peningkatan kapasitas penjualan dan juga untuk meningkatkan nilai jual produk.

Melalui Sinergi BUMN antara PT. PNM (Persero) cabang Purwokerto dan PT. KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto peserta pelatihan akan diberikan pemahaman mengenai Peningkatan Manajemen dan Struktur Organisasi Kelompok serta pelatihan tentang Kemasan Produk. Pelatihan menghadirkan narasumber Ibu Riana Listanti S.TP., M.Sc. yang merupakan direktur CV Gendis dan Staff Pengajar Univ.

Jend Soedirman dan Sdri Rahayu Budi Utami dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Jawa Tengah. Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero) PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM). PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya. Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro. Saat ini PNM memiliki 2457 kantor layanan, yang terdiri dari 62 kantor cabang PNM, 625 kantor layanan ULaMM dan 1.770 kantor cabang Mekaar. (*)

Polresta Surakarta Cyber News

Sumber : radarbanyumas.com

Site Footer