Dua Pencuri Burung Murai Ditangkap Polisi

Polresta Surakarta Cyber News, Purbalingga – Polsek Kalimanah berhasil mengungkap kasus pencurian burung Murai yang terjadi di Desa Blater, Kecamatan Kalimanah, Senin (25/3).

Dua orang pelaku berhasil diamankan oleh Polisi, berikut barang bukti hasil curian. Kapolsek Kalimanah AKP Sulasman mengatakan, bahwa pelaku pencurian yang berhasil diamankan yaitu berinisial WS (36), warga Desa Bojanegara, Kecamatan Padamara. Serta, BS (41), warga Desa Bantarwuni, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.

Kedua tersangka diamankan setelah melakukan pencurian satu ekor burung Murai Batu milik Galih Tomi Omara, warga RT 1 RW 7 Desa Blater, Kecamatan Kalimanah, Kamis (14/3) lalu. “Kedua pelaku mengambil burung milik korban yang saat itu digantung di depan rumah,” kata kapolsek, Selasa (26/3). Dia menjelaskan, berdasarkan keterangan korban, saat kejadian posisi burung Murai Batu miliknya sedang digantung di depan rumah. Namun saat akan dimasukan ke dalam rumah.

Sedangkan, burung sudah tidak ada dan sangkar burung sudah tergeletak di tanah. Mengetahui burung peliharaannya hilang korban kemudian melapor ke Polsek Kalimanah. Berdasarkan laporan korban, Polsek Kalimanah kemudian mendatangi TKP dan meminta keterangan korban dan sejumlah saksi. Selanjutnya melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelakunya.

“Hasil penyelidikan, tersangka berhasil diidentifikasi dan kemudian diamankan di wilayah Kecamaan Kembaran, Kabupaten Banyumas. keduanya, ditangkap oleh tim gabungan dari Unit Reskrim Polsek Kalimanah dan Satreskrim Polres Purbalingga,” jelasnya. Dia mengungkapkan, berdasarkan keterangan tersangka, aksinya dilakukan saat kebetulan melewati depan rumah korban. Melihat burung Murai Batu tergantung di depan rumah, tersangka yang saat itu menggunakan mobil jenis sedan kemudian berhenti dan melakukan pencurian.

“Tersangka BS mengawasi lingkungan sekitar rumah korban sementara itu, tersangka WS yang beraksi mengambil burung dalam sangkar. Setelah berhasil mencuri burung tersebut kedua tersangka kemudian meninggalkan lokasi pencurian,” ungkapnya. Dari tangan tersangka diamankan sejumlah barang bukti diantaranya 1 unit mobil jenis Honda City nomor Polisi R 8940 JH, sangkar burung dan seekor burung Murai Batu milik korban. “Tersangka sudah kita amankan dan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kita kenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan yang ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara,” tambahnya. (tya)

Polresta Surakarta Cyber News

Sumber : radarbanyumas.com

Site Footer