Menko PMK Puan Maharani Minta ISI Solo Manfaatkan Teknologi untuk Hadapi Era Industri 4.0

Polresta Surakarta Cyber News, Solo – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menyebut Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memiliki keterampilan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi untuk menghadapi era industri 4.0.

Hal tersebut diungkapkan saat Kuliah Umum di Gedung Teater Besar Umardani Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Senin (18/3/2019) siang.

“Keterampilan di bidang teknologi juga diperlukan bagi ISI Surakarta, karena mampu menambah nilai komersial, kepraktisan hingga fungsional,” katanya.

Selain mempunyai kemampuan akademik yang baik, tidak ada salahnya memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi.

Menghadapi era industri 4.0 (four point zero), menurut Puan, menganggap ISI Surakarta perlu menyiapkan mahasiswanya untuk memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi.

“Visi ISI Surakarta, adalah menjadi perguruan tinggi seni berbasis kearifan budaya nusantara yang berkelas dunia,” katanya.

“Oleh karena itu, selain membangun sisi keterampilan dan keahlian, ISI Surakarta, diharapkan juga dapat memperkuat komitmen untuk membangun ketahanan budaya bangsa berbasiskan budaya nusantara,” katanya.

Menurut rilis yang diterima TribunSolo.com, Puan memberikan kuliah umum bertema Inovasi Seni Menuju Indonesia Maju dan Berbudaya di era industri 4.0 yang merupakan agenda pertama dari kunjungan kerja Menko PMK di Jawa Tengah.

Menko PMK membeberkan Indonesia sebagai bangsa yang majemuk, terdiri dari 17.000 pulau, 714 suku, 1.100 bahasa, memiliki keragaman seni budaya.

Maka dari itu, berbagai karya seni yang dihasilkan memiliki ciri khas dan berbeda disetiap daerah.

“Begitu juga seni membatik, seni menenun, seni tari, seni lukis, seni pahat, seni kuliner, dan sebagainya memiliki kekhasan budaya di setiap wilayah Nusantara,” katanya.

Sementara, salam era globalisasi saat ini, menurut Menko PMK, nilai-nilai dalam seni budaya memiliki dinamika yang dapat memberikan peluang sekaligus tantangan. (*)

Polresta Surakarta Cyber News

Sumber : tribunnews.com

Leave a reply:

Your email address will not be published.

15 − fifteen =

Site Footer