KBO Sat Polair Polres Pati Hadiri Rapat Koordinasi Normalisasi Sungai Juwana

Polres Pati Cyber News – Polda Jateng – KBO Sat Polair Polres Pati Iptu Sutamto, SH menghadiri acara Rapat Koordinasi Normalisasi Sungai Juwana Tahun Anggaran 2019 di Ruang Joyokusumo Setda Pati, Selasa (12/3/2019).

Acara yang dibuka oleh Bupati Pati H. Haryanto, SH, MM, M.Si ini diikuti oleh sejumlah instansi terkait dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pati dikandung maksud agar pengerukan mulai dari jembatan ke utara nantinya ada kesepakatan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pati menyampaikan bahwa anggaran sebesar Rp 40 miliar disediakan untuk normalisasi Sungai Juwana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada tahun 2019 berasal dari pemerintah pusat.

“Anggaran sebesar itu, sebetulnya belum cukup karena kebutuhan totalnya bisa mencapai Rp1 triliun sehingga untuk wilayah hulu tentunya menunggu kucuran anggaran selanjutnya,” ujarnya

Ditambahkan oleh Bupati bahwa desa desa seperti Desa Bajomulyo, Desa Bendar, Desa Bumirejo, Desa Kudukeras, Desa Growong Lor, Desa Bakaran Wetan, Desa Bakaran Kulon, Desa Kauman dan Desa Pajeksan akan terkena dampak dari normalisasi ini, sehingga perlu dilakukan sosialisasi agar mereka mengetahui dari awal sehingga pengerukan yang dilaksanakan pada pertengahan April 2019 bisa berjalan lancar tidak ada kendala sedangkan untuk penataan kapal akan disandarkan secara bergilir, baik saat pekerjaan dilakukan di sebelah barat atau timur.

Adi Umar Dani selaku wakil dari BBWS Pemali Juwana mengatakan, “ Untuk tahun ini kami akan menormalisasi Sungai Juwana di pertengahan April dan lama pekerjaan sendiri kurang lebih tujuh bulan atau hingga akhir tahun 2019, dengan dukungan anggaran sebesar Rp 40 milyar ini, kami akan menormalisasi kurang lebih sepanjang 5 km mulai dari muara hingga jembatan panturadengan kedalaman pengerukan 4 meter dari keadaan saat ini dan lebar 80 sampai 100 meter di lepas tempat pemukiman,”

Sementara itu, Kepala DKP Kabupaten Pati Edy Martanto menambahkan agar semua pihak bersinergi dan berharap agar normalisasi ini dapat mengembalikan seperti semula, yaitu sesuai ukuran sungai tersebut tetapi yang di luar pemukiman.

“Bangkai-bangkai kapal kalau bisa sekalian diambil, walaupun sebenarnya itu adalah kewajiban pihak pemilik kapal untuk mengambilnya, namun sampai saat ini mereka masih diam-diam saja”, tandasnya.

KBO Sat Polair Polres Pati Iptu Sutamto menandaskan bahwa pihaknya akan mendukung kegiatan tersebut serta akan menyiapkan personil serta alut yang diperlukan untuk mengatur kegiatan sandar kapal pada saat kegiatan normalisasi berlangsung.

Polres Pati Cyber News

Leave a reply:

Your email address will not be published.

seventeen − 3 =

Site Footer