KPU Loloskan 446 Pemilih Tambahan

Polres Tegal Kota Cyber News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal menetapkan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pemilu 2019 sebanyak 446 pemilih. Jumlah itu masih mungkin bertambah.

“DPTb gelombang I kemarin sudah (ditetapkan). Jumlahnya 446 pemilih,” kata Komisioner KPU Kabupaten Tegal Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Adi Purwanto, di sela Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kabupaten Tegal Dengan PPS se Kabupaten Tegal di Gedung Korpri, Slawi, Sabtu (23/2).

Menurut Adi, jumlah DPTb tersebut masih bisa bertambah karena PPS atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih melayani pemilih yang meminta form A.5 karena akan pindah tempat memilih. Data pemilih yang pindah TPS itu nantinya akan direkapitulasi dari tingkat PPS hingga ke tingkat kabupaten.

“DPTb gelombang dua sudah mulai disusun. Sesuai ketentuan Undang-undang, penyusunan atau rekapitulasi DPTb sampai H-30 (pencoblosan),” ujar Adi.

Sementara itu, rapat koordinasi diikuti sebanyak 574 PPS se Kabupaten Tegal ditambah satu orang Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) dari tiap kecamatan.

“Dalam rapat koordinasi ini kami memberikan materi tentang pemutakhiran data pemilih, di antaranya DPTb. Ditambah materi tentang pemungutan dan penghitungan suara, serta pembentukan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara),” jelas Ketua KPU Kabupaten Tegal Nurohman.

Dalam kesempatan itu, Nurohman menekankan seluruh PPS dan PPK yang hadir untuk menjadi penyelenggara pemilu yang profesional, berintegritas, dan akuntabel.

“Sebagai penyelenggara pemilu PPS, harus berintegritas. Penyelenggara yang berintegritas adalah bagian dari suksesnya penyelenggaraan pemilu 2019,” tandasnya. (far/zul)

Site Footer