SDM UPT Dispendukcapil Masih Diusulkan

Polresta Surakarta Cyber News- Kantor Unit Pelayanan Teknis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Trenggalek tampaknya belum bisa dioperasikan secepatnya. Pasalnya, hingga kemarin (15/10) belum ada kepastian terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengisinya.

Kepala Dispendukcapil Trenggalek Ekanto Malipurbowo mengatakan, dispendukcapil berusaha semaksimal mungkin agar kantor UPT tersebut segera beroperasi. Ini terkait pelayanan terhadap masyarakat dalam mengurus kelengkapan administrasi kependudukan (adminduk) di wilayah tiga kecamatan dan sekitarnya. Yakni Kecamatan Panggul, Munjungan, dan Watulimo.

“Jadi nanti masyarakat di tiga wilayah itu dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh lagi ke sini (Kota Trenggalek, Red),” katanya.

Dia melanjutkan, kini dispendukcapil telah mengusulkan tiga pejabat yang akan bertugas sebagai kepala UPT di tiga wilayah tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mengingat berdasarkan peraturan untuk pejabat di dispendukcapil harus berdasarkan persetujuan Kemendagri. Setelah disetujui, pemkab tinggal mengukuhkan.

“Dalam aturannya, bukti kependudukan harus ditangani oleh pejabat dispendukcapil. Sedangkan pejabat itu ditunjuk dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Makanya kini kami menunggu SK tersebut,” ujarnya.

Sedangkan terkait staf atau pegawai lainnya yang bakal bertugas sebagai verifikator dan sebagainya minimal akan ada dua pegawai. Jumlah staf tersebut bisa bertambah jika dalam menjalankan fungsinya animo masyarakat banyak dan berdasarkan hasil evaluasi penambahan tersebut diperlukan.

Sedangkan pengisian staf tersebut, Dispendukcapil telah mengirimkan surat pengajuan ke pemkab. Pengisiannya akan dilakukan oleh badan kepegawaian daerah (BKD) dari luar dispendukcapil. Mengingat pegawai di dispendukcapil sangat minim.

“Untuk pegawainya dari mana, telah kami serahkan ke BKD Trenggalek. Semoga saja bisa dilakukan secepatnya,” jelas Ekanto. (jaz/tri/ed/and)

Polresta Surakarta Cyber News

Site Footer