Pelayanan Prima Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Klaten.

Polres Klaten Cyber News – Sat Lantas Polres Klaten terus mengembangkan inovasi pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dalam pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) secara prima, dengan memberikan layanan yang terintegrasi dan terkoordinasi secara cepat, tepat, transparan, akuntabel dan informatif. SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) adalah suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung. Samsat merupaka Organisasi Publik yang memberikan pelayanan dalam hal Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Samsat induk atau Samsat utama ini merupakan layanan paling pertama dimana masih menggunakan sistem konvensional, artinya masyarakat harus datang ke Samsat kemudian harus masuk loket-loket yang sudah disediakan terdapat loket pendaftaran dan verifikasi dan loket pembayaran dan penyerahan. Bagi wajib pajak harus mengisi formulir secara manual, mem-fotocopy berkas, mengantri di loket dan melakukan pembayaran secara tunai.

Pelayanan pajak kendaraan bermotor si SAMSAT Klaten dilaksanakan dalam enam hari kerja setiap minggunya yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu dengan pemberian jenis dan waktu yeng berbeda. Pada hari Senin sampai dengan Kamis pelayanan dilaksanakan mulai jam 08.00 sampai dengan jam 12.00 WIB, Waktu pelayanan yang hanya sampai jam 12.00 WIB hanya untuk batas waktu pendaftaran pemohon/wajib pajak yang akan melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor. Setelah lewat jam 12.00 WIB pemohon yang sudah mendaftar tetap akan dilayani sampai degan pukul 15.00 WIB sesuai dengan waktu operasional SAMSAT Klaten.

Pada hari Jum’at pelayanan dilakukan seperti biasa yaitu pelayanan administrasi dari pendaftaran hingga pengambilan surat-surat yang sudah diregistrasi. Untuk keperluan cek fisik batas waktu pendaftaran hanya sampai jam 11.00 WIB namun bila masih ada berkas pemohon yang sudah didaftarkan tetapi belum diselesaikan sebelum jam 11.00 WIB maka penyelesaian berkas tetap bisa dilakukan setelah selesai sholat Jum’at. Sedangkan pada hari Sabtu pelayanan hanya dilakukan untuk pembayaran pajak saja.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

two × five =

Site Footer