Ini yang Dilakukan Agar Bhabinkamtibmas Polsek Cawas Tak Gaptek

Polres Klaten Cyber News – Di dunia sekarang ini, semuanya serba digital. Jika gagap teknologi, sudah pasti akan ketinggalan informasi. Di kepolisian, bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak. Karena merupakan garda terdepan, maka bhabinkamtibmas harus melek teknologi.

Karena itu Polsek Cawas mengikutkan 20 personel Bhabinkamtibmas untuk mengikuti pelatihan dengan tema Literasi Digital Satgas Nusantara.

“Pelatihan ini mengingat maraknya kejahatan dunia maya atau cyber patrol, agar anggota Bhabinkamtibmas faham dan melek dengan dunia digital untuk itulah diadakannya pelatihan literasi digital,” ucap Kepala Tim Satgas Nusantara Mabes Polri
AKP Sri Anggono, S.H., M.H.dihadapan 20 Bhabinkamtibmas Polsek Cawas, Kamis (10/10/2018).

Pelatihan ini, kata Anggono, karena bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian dalam menangkal tindak kejahatan yang mengedepankan kegiatan preemtif. Bhabinkamtibmas dituntut harus pintar berinovasi dalam membangun situasi kondisi wilayah desa agar selalu kondusif serta terjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Di dalam pelatihan disampaikan terkait kejahatan dunia maya dan cara penangkalannya, metode berita hoax dan cara melawannnya bagaimana,” ungkapnya.

Anggono mengungkapkan memasuki tahun demokrasi pilkada dan menjelang Pilpres 2019, banyak ditemukan berita hoax yang berisi ujaran kebencian. Isu SARA di media sosial merupakan ancaman serius terhadap situasi kamtibmas yang membutuhkan penanganan ekstra.

Kapoles Madiun AKBP Juli Agung mengatakan bahwa dirinya tidak ingin bhabinkamtibmas di wilayahnya gaptek. Made berharap semua anggotanya bisa mengikuti perkembangan teknokogi termasuk perkembangan sosial media.

“Saya tidak ingin anak buah saya gaptek. Perkembangan infirmasi sudah maju jadi harus mengikuti perkembangan media sosial,” terang Anggono.

Anggono menambahkan pelatihan literasi digital Satgas Nusantara dari Tim Satgas Nusantara wilayah Polres Klaten adalah dalam rangka memberikan wawasan kepada Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Cawas. Kegiatan ini bertujuan agar para bhabinkamtibmas mengerti kejahatan dunia digital, cara penanganannya serta mengetahui dan melawan berita hoax di media sosial.

Site Footer