SATPAS SIM POLRES KLATEN LAKSANAKAN PELAYANAN PRIMA

Polres Klaten – Satpas SIM Polres Klaten laksanakan pelayanan prima. Bagi anda warga Klaten dan sekitarnya yang ingin membuat atau memperpanjang SIM silahkan datang di Satpas SIM Polres Klaten.

Jika anda ingin membuat atau memperpanjang SIM, untuk tahap awal anda harus siapkan fotocopy KTP sebanyak 5 buah dan surat keterangan sehat yang bisa didapat di klinik kesehatan Polres Klaten. Jadi saat datang ke Satpas SIM (Satuan penyelenggara Administrasi SIM) anda tingal membayar di loket BRI, setelah diberi tanda bukti dan formulir pendaftaran sebelum diberikan ke loket penerimaan berkas

Setelah berkas ditaruh kita tinggal menunggu dipanggil untuk ujian teori, kita akan diberi lembar soal, masing-masing peserta memegang soal yang berbeda. Ada 30 Soal yang harus diselesaikan dalam waktu 30 menit. Trik untuk bisa lolos ujian teori antara lain sering-sering browsing soal mengenai ujian SIM di google, sering-sering lihat rambu-rambu dan arti dari rambu tersebut.

Setelah lolos ujian teori baru melanjutkan ke ujian praktek dengan mengendarai kendaraan bermotor yang telah disediakan, roda dua maupun roda empat di Lapangan Ujian Praktek SIM Polres Klaten.

Satpas SIM melaksanakan kegiatan rutin Ujian Praktek SIM A maupun SIM C di Lapangan Ujian Praktek SIM Polres Klaten.

Bagi pengendara motor di jalan umum diwajibkan untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Untuk mendapatkan SIM ini, biasanya peserta diharuskan mengikuti dua ujian, yakni teori dan praktek. Jika lolos pada ujian teori maka bisa langsung berlanjut pada ujian praktek. Ujian ini mengharuskan para peserta pencari SIM untuk mencoba mengendarai sepeda motor pada lintasan khusus. Setiap Polres memiliki jumlah lintasan yang berbeda-beda. Ada yang menyediakan dua atau tiga lintasan. Normalnya tersedia lintasan lurus, angka 8 dan zig-zag.

Untuk lintasan lurus, sebagian besar biasanya lulus dengan mudah, namun untuk dua lintasan lainnya, khususnya lintasan berbentuk angka 8 banyak yang gagal melakukannya. Lintasan ini memang dianggap sulit, karena bentuknya yang sedikit rumit, terlebih lintasan tersebut memiliki lebar yang kecil dan dibatasi dengan beberapa tiang di bagian pinggirnya. Ujian praktek SIM memang harus dilalui demi kepentingan pengendara, tidak hanya sekedar mengendarai motor, namun juga untuk melatih keseimbangan dan mengatur kecepatan.
Perpanjang SIM anda dan jangan sampai kadaluarsa masa berlakunya, walopun hanya lewat 1 hari berakibat menuai kesulitan yakni harus mengulang dari awal, dengan proses pembuatan SIM baru. Aturan ini diberlakukan oleh Kepolisian untuk memberikan pelajaran agar benar-benar tidak mengabaikan peraturan.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

4 × two =

Site Footer