Polsek Kemalang Polres Klaten Pengamanan Kunjungan Bupati beserta BPBD

POLRES KLATEN – Pada hari ini Sabtu 09 Juni 2018, Anggota Polsek Kemalang dipimpin Kapolsek Kemalang AKP Danang Eko Purwanto S.H. Melaksanakan Pengamanan kunjungan Bupati dan BPBD, berdasarkan erupsi Gunung Merapi Jumat (1/6) pagi membuat kapanikan warga lereng Gunung Merapi di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III. Mendegar dentuman dan getaran, warga berhamburan keluar dan sebagian langsung mengungsi. Kepulan asap juga membumbung, dan bau belerang yang menyengat.
Ada dua lokasi tujuan warga yakni Balai Desa Balerante bagi warga di sebelah barat Kali Woro, dan Kemacatan Kemalang bagi warga di sebelah timur Kali Woro. Untuk menenangkan warga, Bupati Sri Mulyani bergegas mengunjungi Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten.
Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono S.H. S.I.K. M.Hum. melalui Kapolsek Kemalang AKP Danang Eko Purwanto S.H. mengatakan, “Kondisi Merapi sekarang berdasarkan informasi dari BPBD dan Relawan banyak masyarakat berhamburan ke luar dan mengungsi. Tapi setelah kondisi landai, sekarang sudah banyak yang kembali ke rumah masing-masing,”
Saat rombongan Bupati datang, masih ada sekitar 20 warga bertahan di Balai Desa Balerante. Bupati didampingi Asisten I Ronny Roekmito, Asisten II Purwanto AC dan sejumlah pejabat, berdialog dengan para pengungsi. Ada beberapa lansia yang kurang sehat.
“Kami imbau masyarakat untuk tidak panik, tenang tapi tetap waspada. Kalau sampai Merapi meletus lagi dan harus ada pengungsian, jangan khawatir warga tidak sendiri, kami Pemkab Klaten akan selalu siap dalam kondisi apapun,” tegas Bupati.
Pemkab akan merujuk pengumuman dari BPPTKG untuk penentuan zona aman dan rekomendasi untuk dilakukan pengungsian bagi warga di kawasan terdampak. Pemkab selalu berkoordinasi dengan BPBD Jateng dan BBPTKG untuk memantau kondisi Merapi.
Bupati juga mengirimkan masker untuk warga yang bisa dipakai bila Merapi memuntahkan abu vulkanik. Selain meminta warga untuk tenang dan waspada, Bupati juga menegaskan bahwa bila ada pengungsian, maka Pemkab dibantu Pemprov dan pemerintah pusat pasti akan mengulurkan bantuan.
Bupati juga mengunjung Posko Induk 907 Balerante, tempat para sukarelawan memantau kondisi Merapi dan menyebarkan informasi terbaru kepada semua warga. Para sukarelawan menjelaskan bagaimana proses pemantauan dan antisipasi yang dilakukan

Leave a reply:

Your email address will not be published.

9 − 1 =

Site Footer