Polsek Laweyan Mediasi Program Diversi Kasus Pencurian

Polresta Surakarta Polda Jateng – Polsek Laweyan melakukan mediasi program Diversi terhadap kasus pencurian yang melibatkan Pelaku anak dibawah umur, Rabu (30/05/2018).
Tersangka adalah RAP (16), telah melakukan pencurian 2 unit PS 3 merk SONY, 4 buah Stick dan uang tunai Rp. 450.000 milik Korban Kurniawan Prihananto di Kios PS ARSI, Jalan Sutowijoyo sebelah Barat Solo Grand Mall Penumping Laweyan Solo pada hari Rabu (02/05/2018).
Polsek Laweyan mengundang pihak terkait dalam rangka mediasi untuk program Diversi, diantaranya dari BAPAS (Balai Pemasyarakatan) Kelas II Surakarta, Penasehat Hukum pihak Tersangka, keluarga Korban, dan keluarga Tersangka.
Dalam proses ini terjadi kesepakatan bahwa keluarga Tersangka akan memberikan ganti rugi kepada Korban, uang sebesar Rp. 450.000.
Penasehat Hukum Tersangka, Melkianus Kura, SH, MPA mengatakan, “Proses Diversi ini lebih pada memberikan ruang dan kesempatan bagi Pelaku untuk berubah. Kami sangat menghargai pihak Korban telah menerima kesepakatan Diversi ini. Dan kepada Polsek Laweyan kami ucapkan terima kasih telah melaksanakan proses sesuai Undang Undang Perlindungan Anak”.
Sementara itu Petugas BAPAS Sutomo A, KS, MH mengatakan, “BAPAS merekomendasikan Tersangka anak dikembalikan kepada orang tuanya dengan syarat, anak harus sekolah Kejar Paket C dan menjalani sanksi sosial yakni sholat berjamaah di masjid setempat sebagai pembinaan mentalnya.”
Polsek Laweyan selaku fasilitator yang diwakili oleh Panit Reskrim Ipda Marsana, SH menambahkan, “Kesepakatan yang terjadi pada mediasi Diversi ini mari dilaksanakan dengan baik. Kesimpulannya, upaya hukum kami berakhir di Diversi ini, yang nanti akan kami proses permohonan penetapan dari Pengadilan”.
Sent from my Samsung Galaxy smartphone.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

nine + 6 =

Site Footer